Simulasi UBK di Piyungan

 
Simulasi UBK di Piyungan
Piyungan. Senin 20 Nopember 2017, seluruh SMP dan MTs se Indonesia mengikuti Simulasi I UBK . Demikian juga SMP 2 Piyungan. Seluruh siswa kelas 9 sejumlah 171 mengikuti simulasi ini. Para siswa dibagi menjadi 3 sesi dalam dua laboratorium Komputer. Laboratorium komputer yang digunakan adalah Labkom Bahasa dan Labkom ICTEQEP. 

Labkom ICTEQEP dipandu oleh proktor Marlupi, S.Pd. dengan teknisi Debrita Septembri, S.Kom. Sementara Labkom Bahasa dipandu oleh proktor Rina Purwandari, S.Pd. dengan teknisi AH. Purwanto. Simulasi ini diikuti secara antusias oleh siswa-siswa SMP 2 Piyungan. Tahun kemarin SMP 2 sudah melaksanakan UBK dan ini adalah tahun yang kedua. 

Tujuan dari Simulasi I UBK ini adalah mengenalkan pada para siswa tentang Ujian Berbasis Komputer, sehingga siswa menjadi familiar. Dengan demikian saat nanti benar-benar pelaksanaan UBK para siswa sudah terbiasa, dan tidak ada kendala.

Simulasi pada hari pertama ini bisa berjalan dengan lancar, meskipun banyak kendala. Terlebih bagi sekolah pinggiran seperti SMP 2 Piyungan. Kendala yang pertama adalah terbatasnya komputer, sehingga terpaksa menggunakan laptop dari bapak ibu guru. Penggunaan laptop ini membutuhkan waktu persiapan yang lebih dibanding persiapan menggunakan komputer laboratorium. Kendala yang kedua adalah gangguan jaringan internet. Gangguan ini sempat dialami pada sesi 2 , ketika listrik tiba-tiba padam. 

Simulasi ini memberikan pengalaman berharga baik pada para siswa maupun pada para proktor, teknisi dan pengawas. Rencananya simulasi ini akan berjalan dua hari, sehingga masih kurang satu hari yaitu besok Selasa 21 Nopember 2017. Hari pertama mengerjakan mapel Matematika dan Bahasa Indonesia, sedangkan pada hari kedua mengerjakan mapel Bahasa Inggris dan IPA.( Upik)

Marlupi, S.Pd.
SMP 2 Piyungan

No comments: