Selamat Jalan Om


16 Dec @Kolom

“ Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah, dan kepada-Nyalah kita semua pasti akan kembali “ ( QS; Al Baqarah : 156 )

Semua yang hidup di muka bumi ini pasti akan kembali kepada-Nya, namun terkadang perpisahan yang mendadak selalu meninggalkan duka dan air mata. Malam ini kampungku diguyur hujan yang sangat deras sejak sore , sehingga suasana begitu dingin dan nyaman untuk lelap dalam peraduan.

Tiba-tiba sekitar pukul 02.20 menit suasana di luar rumah seperti ada ribut-ribut banyak orang, anakku yang besar keluar untuk mencari tahu. Alangkah terkejutnya, ternyata Om Yadi tetangga sebelah rumah berpulang. Aku pun bergegas mengambil jilbab dan keluar rumah diikuti anak kecilku yang ikut terbangun.

Kupeluk erat Mbak Is, istri Om Yadi, tanpa mampu berkata-kata. Sore tadi sebelum hujan turun aku masih sempat menyapa Om Yadi yang duduk di samping rumah, tidak menyangka kalau itu pertemuan terakhir dengannya. Sungguh meskipun manusia menyadari bahwa suatu saat akan pulang, namun manusia tak pernah tahu berapa lama jatah umur yang diberikan, dan kapan waktu itu akan tiba.

Selamat jalan Om Yadi, semoga Allah mengampuni segala dosa , menerima amal ibadahmu dan menempatkanmu di tempat terbaik di sisi-Nya. Semoga Mbak Is dan keluarga diberi kesabaran dan ketabahan, dan yakin bahwa ini adalah yang terbaik , sehingga bisa ikhlas menerima semuanya.

Sungguh ketika waktu tlah tiba, tak ada tempat untuk sembunyi.

Bila waktu tlah tiba

Ke mana kita akan sembunyi?

Di ujung bumi pun tetap akan dicari

Sedetikpun tak akan terlewati

Bila waktu telah usai

Ke mana kita akan sembunyi

Di gua yang tak terlihat?

Di hutan yang lebat?

Bila sudah tiba saatnya

Tak ada satupun yang bisa menghindar

Entah sedang sakit

Sedang dalam perjalanan

Sedang berduka cita

Atau bersuka ria

Semua pasti terjadi

Tak ada yang bisa memajukan

Atau mengundurnya sesuai keinginan

Yang harus terjadi akan tetap terjadi

Raga hanyalah titipan

Ketika Sang Pemilik mengambilnya

Apalah daya kita

Selamat jalan Om Yadi..

Selamat jalan kawan..

No comments: