Siapakah Pemuda Harapan?


30 Oct @Kolom

Berbicara tentang pemuda memang tiada habisnya. Selalu ada kisah dan cerita yang menarik tentang pemuda, karena pemuda selalu berada pada masa yang paling indah, masa yang penuh dengan gelora. Sejarah bangsa menorehkan kesuksesan dan keberhasilan perjuangan para pemuda. Mereka telah membawa perubahan bagi bangsa ini. Memang sepantasnyalah mereka menjadi “ agent of change “. Mulai dari sejarah kebangkitan nasional, Dr. Soetomo dilanjutkan dengan para pemuda lainnya seperti Moh. Yamin, Soegondo, Bung Tomo, dan masih banyak lagi nama-nama para pemuda yang telah berjuang dengan gigih sejak jauh sebelum Indonesia merdeka. Dengan tekad dan semangat yang berkobar mereka berjuang demi persatuan dan tujuan negara, agar kita menjadi bangsa yang bermartabat, yang tidak dijajah dan diakui di mata dunia. Sampai akhirnya perjuangan mereka membuahkan hasil yang kita nikmati hingga sekarang.

Lalu bagaimana dengan pemuda hari ini? Para pemuda mestinya bisa belajar dan mengambil contoh para pejuang kita, karena di tangan pemudalah terletak harapan dan impian bangsa. Bagaimana cara menjadi pemuda harapan? Mereka yang tinggi besarkah, berwajah ganteng dan mempesona? Tentu saja tidak cukup dengan fisik semata. Sebenarnya untuk menjadi pemuda harapan tidaklah susah, cukup menjadi diri sendiri. Pemuda harapan adalah pemuda yang tangguh dan tidak lemah. Pemuda tangguh harus berilmu. Untuk mendapatkan ilmu maka pemuda harus mau untuk terus belajar dan belajar baik melalui lembaga formal maupun nonformal. Pemuda yang saat ini sedang belajar atau kuliah harus dengan kesungguhan, agar bekal ilmu yang didapat dapat diterapkan dalam kehidupan .

Pemuda harapan adalah pemuda yang berkarakter , berkepribadian dan berakhlaq kuat. Janganlah menjadi pemuda yang mudah tergoda hal-hal yang menyesatkan dan tidak bermanfaat. apalagi di era sekarang, banyak sekali godaaan-godaan yang gencar dan menyerang para pemuda, baik lewat game, internet, youtube, rokok , narkoba dan lain sebagainya. Pemerintah sudah mengupayakan penguatan karakter melalui pendidikan formal,maka orang tua dan masyarakatpun harus mendukung, agar pemuda kita menjadi pemuda yang kuat kepribadiannya. Bangsa ini akan hancur bila para pemudanya tak berakhlak. Dan ini justru menjadi ancaman yang mengerikan. Mari bergandengan tangan , mempererat persaudaraan menjadi pemuda harapan yang hebat, yang menjadikan bangsa kita semakin kuat. Bismillah….

No comments: