Tangga Kehidupan


29 Nov @Kolom

Fenomena seperti pada gambar tidak hanya kita jumpai seperti yang saat ini penulis temui, yaitu antrean di depan pintu lift pada jam-jam tertentu. Lalu lintas lift atau tangga tampak padat. Begitu juga di mall-mall, atau pusat-pusat perbelanjaan. Banyak orang antre ingin segera masuk ke dalam lift yang segera membawanya naik menuju ke tujuan. Mereka harus sabar untuk berjubel ke atas.

Hal ini bisa menjadi gambaran dalam kehidupan kita.Begitu banyak yang kita inginkan , usaha dan doa kita ikhtiarkan.Sangat banyak dan berjubel. Persaingan dunia kerja, kompetisi dalam tes ASN, dan contoh-contoh lainnya. Perbandingan antara kesempatan dan harapan yang sangat jauh. Pada siapa lagi kita memohon pertolongan, bantuan dan harapan , kalau tidak kepada-Nya. Pada Sang Maha Kuasa kita meminta dan berharap.

Dalam suatu hadits diriwayatkan, sebagai berikut yang artinya ,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir, (kemudian) Dia berfirman, ‘Barang siapa berdoa kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan, barang siapa meminta kepada-Ku, niscaya akan Aku berikan, dan barang siapa memohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.’” ( HR . Bukhari 1145, Muslim 758 )

Dari hadits tersebut, digambarkan bahwa waktu sepertiga malam begitu istimewa, ibaratkan lift ataupun tangga dalam kehidupan kita, bisa dibayangkan jam-jam sepertiga malam ini, orang-orang tengah enak-enaknya terlelap dalam buaian mimpi dan selimut malam, seandainya kita mau untuk bangun, pastilah lift ataupun tangga akan sepi dan lengang tanpa antrean. Mari bangun dan beribadah, berdoa dan memohon kepada Sang Maha Kaya,menjemput rejeki dan impian kita, mudah-mudahan doa –doa kita dikabulkan.

@puisi Tangga Kehidupan
Berada di lantai dasar

Tentu tak ada seorangpun yang mau

Mengapa?

Karena lantai dasar hanya untuk parkir belaka

Semua tentu ingin ke atas

Hingga liftpun menjadi penuh antrean

Berdesakkan ingin sampai duluan

Maukah kau tak berdesakkan?

Lengang dan tak ada antrean

Pasti lancar jaya sampai tujuan

Maka bangunlah di sepertiga malam

Orang-orang tak lagi berdesakkan

Mereka terlelap dalam tidurnya

Terbuai dengan mimpi indahnya

Bangunlah...

Bersegeralah menapaki tangga kehidupanmu

Bukalah pintu langitmu

Dan biarkan rizki datang menghampirimu

Minta dan berdoalah

Karena Dia mendengar doamu

No comments: