Mantul Mas Eko


06 Jan @Kolom

Wooow...ternyata pagi ini rumah besar gurusiana sudah heboh. Sebenarnya tadi sempat ngintip sebentar, berhubung ada tugas lain yang harus saya selesaikan ( nginem dulu....) baru sekarang bisa mengunggah komentar. Siapa yang tak kenal dengan pria yang sudah tak lagi muda , bahkan bisa dibilang baru akan memasuki usia senja ( masih di atas kepala, berarti siang) ini. Dialah Mas Eko Prasetyo, yang sejak semalam bikin baper para fansnya .Sebenarnya hampir seluruh gurusianer sudah mengenal style tulisan Mas Eko, namun kali ini benar-benar parah dan mendapat rating tertinggi pula. Banyak yang jengkel, senyum-senyum sendiri, merasa kena tipu, malah sampai ada yang ngguling -ngguling (saya sih nggak...). Begitulah Mas Eko....hadeeeh ( ini lho yang ngangeni ) tapi kali ini ada yang bilang " terlalu". Masa sih?

Menurut saya ada beberapa hal yang bisa kita ambil dari artikel Beliau. Apa saja?

1. Pemilihan dan penulisan judul
Mari kita perhatikan judulnya, sangat menarik, mengundang rasa penasaran, up to date. Judul seperti itulah yang mempunyai kekuatan besar untuk menarik minat pembaca. Penulisannya pun demikian, ditulis dengan huruf kapital semua. Penulisan judul bisa dengan huruf kapital semua, atau kecil semua agar lebih aman, ketika kita kesulitan tata tulis penulisan judul. Sering kita kebingungan dalam penulisan judul, karena ada beberapa kata, misalnya kata sambung tidak perlu huruf kapital di awal kata.

2. Arti sebuah nama besar
Nama besar penulis sangat mempengaruhi minat pembaca. Kita masih sering membaca tulisan ,bukan apa yang ditulis , tetapi siapa yang menulis. Nama besar Mas Eko Prasetyo tentu tidak didapat secara spontan, melalui perjalanan panjang, bahkan konon sempat digodhog di kawah candradimuka. Siapa yang mengenal Mas Eko 50 tahun yang lalu? Saya yakin tidak ada yang kenal, belum lahir koq..hehehee. Proses inilah yang patut kita hargai. Kalau baru sekali dua kali menulis koq langsung besar itu ajaib..luar biasa.

3. Inspiratif
Mana inspirasinya? Ungaran? Tepat sekali, Mas Eko hanya menuliskan tempat dan tanggal, bukankah itu inspiratif, ide yang bagus? Ini umpan tulisan. Banyak yang bisa dituliskan.Misal, ada apa dengan Ungaran? Kenangan di Ungaran , Semalam di Ungaran, dan masih banyak lagi. Kita tinggal menggantinya dengan kota-kota sesuai selera kita bukan? Makasih idenya Mas....

Mantuuul ( Mantap Betuuul )Mas Eko...
#edisibelajarmenulis#

No comments: