Semoga Aku Tak Salah Menilaimu


12 Dec @Kolom

Sudah beberapa hari ini para guru sedang berkutat dengan angka, begitu juga aku. Mengolah angka-angka yang sudah berderet dengan manis di daftar nilaiku. Kesibukan rutinitas setelah Penilaian Akhir Semester, di mana para guru harus membuat laporan belajar siswa. Hal yang mudah ketika memasukkan angka-angka ke dalam kotak-kotak rumus. Laptop pun akan memproses sesuai formula yang kita masukkan. Akan tetapi tentu saja penilaian tak berhenti di situ. Hati ini masih saja galau ketika angka-angka itu sudah tersusun rapi. Serasa ada yang mengganjal dan bergejolak di dadaku. Mengapa ?

Aku pun bertanya-tanya dalam hati, apa gerangan yang membuat demikian. Kutarik nafas panjang, dan menghentikan sejenak olahan angka. Mungkin aku lelah, lalu beringsut ke dapur sejenak untuk mengambil minum agar lebih segar. Berganti aktivitas mudah-mudahan bisa membuat lebih fresh dan menemukan kegalauan hati ( pikirku ). Melewati ruang tengah membuatku berhenti sejenak. Gemericik aquarium menarik perhatian. Kusapa ikan-ikan kesayangan. Rupanya mereka juga belum tidur ( hehehe…kapan ya ikan boboknya ). Masih saja mereka berenang ke sana ke mari. Setelah beberapa lama, aku pun merasa lebih enak. Kubuka kembali olahan angka-angka tadi. Huft…..masih rasa yang sama. Cling….ide selanjutnya berkunjung dulu ke rumah besar gurusiana. Berselancar ke artikel teman-teman gurusianer lainnya yang belum sempat kubuka seharian ( sok sibuk amat ya … ) Ada artikel Pak Mulya yang baru mati lampu , terbayang repotnya ketika mati lampu sementara batu lepi tinggal sedikit, tulisan belum selesai. Eh jadi ingat tadi siang sempat membuat tulisan reportase yang belum diunggah . Setelah sedikit edit dan cek sebentar akhirnya unggah juga.

Kembali ke olahan angka, kubuka kembali daftar nilai, jurnal-jurnal proses pembelajaran keseharian, dan sedikit lega. Berbagai pertimbangan akhirnya kuambil berdasarkan jurnal dan dokumen lainnya. Angka bukanlah harga mati untuk memutuskan nilai seseorang. Kita masih bisa mengolahnya dengan berbagai sudut pandang. Alhamdulillah….akhirnya laporan nilai kelar sudah.

Semoga aku tak salah menilaimu , Nak….Tetap semangat belajar,Mudah-mudahan hari esok selalu lebih baik.

Banguntapan, 12122018

No comments: