Si Cantik Amaryllis


21 Nov @Kolom

Warnanya sungguh menawan, mempesona siapa pun yang memandangnya. Bentuknya seperti terompet, dengan tangkai yang begitu panjang. Layaknya manusia, mereka lebih suka berkelompok, dan muncul bersama-sama . Kemunculan mereka pun hanya musiman saja, sehingga kehadirannya sangat dinantikan, bahkan umurnya juga tidak terlalu lama. Teramat sayang untuk dilewatkan . Si Cantik, bunga Amaryllis, bunga yang sering mekar di akhir bulan November.

Bunga ini banyak terdapat di Gunungkidul. Tadinya orang tidak begitu mengenalnya, bahkan yang sudah kenal pun menganggap bunga ini biasa saja, namun seiring berjalannya waktu anggapan ini berubah 180 derajat. Kisah Amaryllis dimulai ketika pada tahun 2015 seorang petani bernama Sukadi sengaja menanami kebun gersang miliknya dengan umbi tanaman ini. Tanaman bunga ini tak perlu diberi perawatan secara khusus, yang penting cukup sinar matahari. Ketika bulan November tiba, tanaman ini berbunga bersamaan, sehingga kebun Pak Sukadi mendadak berubah warna menjadi oranye ( salem ) semua. Orang-orang pun menjadi terpesona. Sungguh pemandangan yang menakjubkan, dengan pesat bunga ini pun menghiasi akun-akun medsos . Dari situlah Amaryllid semakin dikenal masyarakat luas. Sayangnya keindahannya tidak berlangsung lama, hanya sekitar satu minggu saja. Setelah itu akan layu, maka musim berbunga Amaryllis sangat ditunggu-tunggu.

Melihat animo masyarakat yang tinggi, sekarang ini banyak para pebisnis wisata membaca peluang. Jauh hari dan bulan mereka telah membangun taman-taman yang indah , sehingga ketika musim bunga tiba pengunjung pun banyak berdatangan. Terlebih era swafoto ( selfie ) , tempat-tempat yang menawarkan view yang menawan dipastikan akan kebanjiran pengunjung. Pemilik taman pun akhirnya tak hanya membudidayakan Amaryllis saja, tetapi aneka tanaman bunga seperti bunga Matahari, bunga Jengger yang musiman dan memiliki warna menarik pun banyak ditanam, sehingga menambah warna – warni bunga di Gunungkidul. Taman-taman penuh bunga pun mendadak menjamur di mana-mana.

Taksonomi Amaryllis secara lengkap adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae
Divisio : Angiospermae
Kelas : Monocotiledoneae
Family : Amaryllidaceae
Ordo : Asparagales
Genus : Hippeastrum
Species : Hippeastrum puniceum

Ada yang menyebutkan bunga ini bukan bunga asli Indonesia, tetapi berasal dari Amerika Selatan dan Afrika. Anda berminat untuk menanamnya? Cara penanaman dan pemeliharaan dari si cantik ini juga sangat mudah. Anda bisa mencoba untuk menanam umbinya dalam pot, bila tak cukup lahan. Selamat mencoba





- Dari berbagai sumber

No comments: