Untukmu Guru


24 Nov @Kolom

Menjadi seorang guru adalah sebuah pilihan. Pekerjaan ini tidak serta merta dijalani, tetapi berbagai proses untuk bisa menjadi seorang guru harus dilewati. Entah itu guru dengan status honorer maupun PNS, tugas dan kewajiban tak ada bedanya, karena siswa tak pernah memandang apakah itu swasta maupun honorer. Perjalanan dimulai dengan berbagai syarat, dari sarjana pendidikan, sampai kemampuan mengelola kelas. Bukan suatu hal yang mudah, menjalani hari-hari yang penuh tanggung jawab dengan gaji yang jauh dari ekspetasinya, tetapi atas nama cinta terhadap profesinya, seorang guru honorer pun tetap bekerja dengan penuh dedikasi dan loyalitas terhadap pendidikan.

Dengan dikeluarkannya tunjangan professional untuk guru dengan status swasta maupun negeri diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan guru, sehingga sebagai pasukan yang berdiri di barisan terdepan dalam penyiapan generasi emas 2045 dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Akhirnya semua kembali kepada diri kita, berapapun gaji yang kita terima, mendidik, mengajar para siswa adalah tugas yang mulia.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim )

Semoga para guru mendapatkan kebaikan karena telah mendidik dan memberikan ilmu yang bermanfaat yang akan terus mengalir pahalanya, bahkan sampai ketika mereka sudah tiada. Aamiin.

@ Untukmu Guru

Dingin dan hujan tak dirasa

Saat pagi datang menyapa

Bergegas meninggalkan rumah

Menuju sekolah tempat bertugas

Dijabat erat tangan siswa

Hingga mereka merasa gembira

Disapa penuh kasih dan sayang

Hingga mereka merasa riang

Tak membuatnya lekas marah

Ketika siswa menjengkelkan

Diarahkan dengan keikhlasan

Tak pelit untuk memuji

Memacu siswa berprestasi

Hingga punya percaya diri

Agar mereka berhasil nanti

Tulus dan ikhlas selalu menyertai

Membimbing siswa sepenuh hati

Karakter diri selalu dikuatkan

Agar siswa tak sesat jalan

Karna mereka tumpuan harapan

Generasi masa depan

Selamat Hari Guru , Guru Mulia karena Karya

No comments: