Mengenal Menu Gurusiana


03 Dec @Kolom

Berawal dari pesan singkat lewat gawai saya dari seorang teman yang baru saja bergabung di gurusiana, maka tulisan kali ini saya akan mencoba menulis dan mengenalkan fitur, atau karakteristik dan menu yang ada di blog Gurusiana

Bila Anda sudah memiliki akun, ketika masuk di home atau beranda gurusiana, Anda akan menemukan beberapa hal seperti gambar 1.

Saya mulai dari yang paling kiri atas, yaitu Menu. Pada menu ini bila diklik maka akan muncul beberapa point ( gambar 2 ) di antaranya adalah Dashboard, profile, Manajemen Artikel, Edit Profile, Edit Password dan logout . Masing-masing bisa kita buka sesuai dengan kebutuhan. Bila kita klik dashboard maka akan muncul tampilan halaman utama gurusiana. Untuk menulis biografi kita bisa klik profile . Manajemen Artikel berfungsi untuk mengelola tulisan atau artikel –artikel kita. Ada pilihan edit dan hapus jika kita ingin melakukan perubahan. Artikel kita akan tersusun urut dan rapi di sini, tanpa ada kekhawatiran hilang atau termakan virus. Bila suatu saat kita kan membukukan tulisan kita, tinggal membuka naskah-naskah kita yang sudah ada ( enak bukan ? ). Bila Anda ingin memasang foto profile, dan mengedit biodata kita, bisa masuk melalui edit profile. Demikian juga bila ingin merubah password bisa dilakukan lewat edit password. Ynag terakhir adalah logout yang kita gunakan untuk keluar dari blog.

Menu-menu tulisan di gurusiana sangat beragam, kita bisa membaca atau menulis sesuai dengan selera dan kebutuhan kita. Ada Opini, PTK, Best Practise, Reportase, Kolom, Resensi , Cerpen dan Parenting. Ketika berselancar pertama kali di gurusiana, kita bisa tidak langsung menulis tetapi membaca karya-karya atau artikel para gurusianer yang lain untuk lebih memahami masing-masing menu. Tetapi bagi yang sudah punya artikel, bisa langsung saja mengunggah artikel Anda.

O iya satu lagi fitur yang ada di gurusiana pada pojok kanan di bawah menulis ada ikon lup atau kaca pembesar. Ikon ini berguna untuk melakukan pencarian berdasarkan artikel atau user. Anda bisa menuliskan artikel atau gurusianer yang dicari.

Gurusiana adalah blog guru yang diluncurkan oleh Media Guru dengan sasaran utama para guru. Melalui blog ini para guru yang belum memiliki blog pribadi bisa menyalurkan tulisannya. Mengutip apa yang dilansir oleh Majalah Media Guru, blog gursiana ini didedikasikan untuk mendukung Gerakan Guru Menulis dan menyebarkan virus literasi. Dalam rumah besar gurusiana, para guru penulis bisa berbagi, berpetualang memperoleh ide , gagasan dan inspirasi untuk perbaikan diri maupun pembelajaran sebagai tugas utama seorang guru. Ingin belajar menulis, berbagi ilmu lewat tulisan ? Di sinilah tempat yang tepat. Mari menulis, tunggu apalagi !

Semoga bermanfaat

No comments: