Nadi dan Vena


14 Dec @Kolom

Dua pembuluh darah

Berdekatan tapi tak searah

Sifatnya pun bertolak belakang

Tapi itulah persahabatan

Tak harus sama

Tapi saling melengkapi dan membawa warna

Jalani tugas yang berbeda

Agar peredaran darah menjadi sempurna

Nadi pergi meninggalkan jantung

Sedang vena berjalan menuju jantung

Nadi tebal kuat dan elastis

Sedang vena lemah dan cenderung tipis

Nadi punya satu katup sedang vena banyak katup

Nadi terletak agak dalam,

Sedang vena di permukaan

Begitulah Nadi dan Vena

Dekat berdampingan tapi sifat tak sama

Seperti itulah adanya kehidupan. Orang lain tidak harus sama dengan kita. Contoh dalam lingkungan sekolah, tidak semuanya guru IPA, ada Matematika, Bahasa Indonesia , PKN, Bahasa Inggris dan lain sebagainya. Berbeda untuk saling melengkapi dalam upaya meraih tujuan yang sama yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Perbedaan ini begitu indah sehingga kehidupan persekolahan tidak pincang karena semua mata pelajaran ada pengampunya. Coba bayangkan seandainya semua guru IPA tentu justru akan menimbulkan masalah bukan?

Begitu juga di rumah besar gurusiana, para gurusianer sangat beragam, berbeda-beda, tetapi satu kesamaan yaitu membaca dan menulis. Tidak hanya suku , agama yang berbeda, namun latar belakangnya pun juga berbeda. Keberagaman ini justru menjadi kekayaan yang saling melengkapi satu sama lain, sehingga menu artikel di sini pun sangat banyak. Ada Opini, PTK, Best Practise, Reportase, Kolom, Resensi, Cerpen, dan Parenting. Perbedaaan justru akan menjadikan menu semakin komplit .

Dalam satu rumah pun jarang semua sama. Suami memiliki sifat yang berbeda dengan istri, tetapi perbedaan itu justru menjadi kekuatan yang harus bersinergis untuk saling menguatkan , melengkapi satu dengan yang lain agar kehidupan berrumah tangga berjalan dengan sempurna. Tugas dan fungsi yang berbeda, karakter yang berbeda, peran yang berbeda, tetapi satu tujuan yang sama, yaitu menggapai Ridho-Nya.

Aku tidak harus sama denganmu , biarkan aku menjadi diriku sendiri dan dirimu pun menjadi dirimu sendiri ( be yourself ). Dengan begitu kita bisa mewarnai hidup ini agar semakin penuh warna dan menjadi indah seperti pelangi. Tidak perlu memperuncing perbedaan tetapi mari fokus pada tujuan. Belajar dari Nadi dan Vena yang selalu bisa berdampingan, tidak pernah mengingkari tugasnya, agar system bisa berjalan seperti yang seharusnya.

No comments: