Rotasi Bumi


12 Dec @Kolom

Berputar pada porosnya

Sehari semalam, 24 jam

Tak kenal lelah, dan tak ada bosannya

Agar dunia tetap berjalan seperti yang seharusnya

Bagian tengah bumi pun menggembung

Kutub-kutubnya menjadi pepat

Matahari pun seolah muncul dari timur

Terus berjalan, hingga tenggelam di ufuk barat

Belahan terkena surya menjadi siang,

Sementara belahan lain menjadi malam

Hingga waktu pun berbeda – beda

Bumi terus berotasi

Sampai waktu kan terhenti

Hari kemarin kan datang lagi

Tapi waktu yang berlalu takkan pernah kembali

Begitu pun dalam kehidupan ini kawan, tak ada yang statis ( diam ). Semua dinamis dan terus bergerak. Roda kehidupan terus berputar, waktu pun terus berjalan. Terkadang kita di atas, terkadang di bawah. Janganlah kita merasa tinggi ketika sedang berada di atas. Ingatlah di atas langit selalu ada langit, hingga tak pantas untuk sombong dan congkak. Namun janganlah kita merasa rendah ketika berada di bawah, tetap qonaah dan istiqomah, agar semangat tetap singgah, dan kuat untuk terus melangkah.

Hari ini tidaklah sama dengan kemarin. Rabu pekan ini tentu akan berbeda dengan Rabu pekan kemarin atau pun Rabu yang akan datang. Tak selamanya mentari selalu menemani, ada kalanya harus tenggelam dan undur diri, agar kita bisa belajar dari gelap dan malam. Kita bisa beristirahat dan melepaskan lelah sejenak, untuk kemudian melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Hujan dan panas pun datang bergantian. Musim hujan datang petani riang. Segera ditanam benih yang telah disiapkan . Disemai dan disebar di lahan, agar tumbuh dan berkembang. Disiangi dengan kasih sayang, agar tak tumbuh rumput liar yang tak diharapkan.

Sedih dan duka tak selamanya bersemayam. Embun pagi pasti akan datang, menghapus luka hingga menjadi senyuman, menyejukkan jiwa yang tertekan. Sang bayu pun lembut membelai manja, hingga kita lupa akan duka yang pernah ada . Hidup kembali penuh asa dan harapan, menatap esok yang penuh kegembiraan. Bila gembira datang menyapa, janganlah berlebihan, ingatlah mereka yang papa. Sesungguhnya segala sesuatu yang berlebihan tidak diperbolehkan.

Begitulah kehidupan , seperti rotasi bumi , terus berputar hingga waktu tak izinkan . Selagi masih diberi kesempatan , mari saling mengingatkan, agar hidup semakin bermakna.

No comments: