Salah dan Resah


20 Dec @Kolom

Tugas yang harus kuselesaikan ternyata belum kelar juga, padahal mata dan kepala rasanya sudah tak mau kompromi. Semakin resah mengingat esok pagi jam 05.00 sudah ada agenda . Akhirnya kualihkan sejenak aktivitas dengan membuka –buka blog gurusiana. Ternyata benar gurusiana tak sekedar untuk menyalurkan keinginan untuk menulis saja, tetapi juga tempat rehat ketika jenuh dengan aktivitas yang tak kunjung selesai.

Ada hal yang menggelitikku waktu menulis artikel di gurusiana , dan mungkin para gurusianer juga pernah mengalaminya. Kesalahan penulisan kata padahal sudah diunggah. Terkadang tulisan tidak sempat edit dengan teliti langsung diunggah, akibatnya ada yang tidak sesuai. Apalagi kalau menulis menggunakan android, banyak kata-kata yang typo atau auto text. Maklum gawai zaman now banyak yang sok tahu ( kayak orang saja ya).

Memang idealnya tulisan sebelum diunggah harus melalui proses edit dulu, tetapi terkadang karena berbagai faktor kadang langsung diunggah. Akibatnya banyak penulisan yang tak sesuai. Bagaimana cara memperbaikinya?Tidak perlu resah. Blog ini sduah dilengkapi dengan menu yang komplit. Kita bisa mengeditnya kembali.

Caranya lewat fitur menu yang ada di pojok atas sebelah kiri, kemudian klik Manajeman artikel, setelah itu akan muncul judul-judul artikel yang telah kita tulis. Pilih “ edit “ pada artikel yang akan kita perbaiki, selanjutnya akan muncul kembali tayangan seperti waktu menulis . Kita bisa mengedit dan memperbaiki tulisan yang salah tadi. Setelah selesai jangan lupa klik kembali publish post. Maka tulisan kita pun akan sesuai dengan harapan kita. Mudah bukan?

Jadi tak perlu takut untuk unggah tulisan hanya karena takut salah. Sebenarnya tidak ada kesalahan yang sengaja dilakukan . Kecuali dengan tujuan tertentu seperti yang pernah dilakukan oleh Pak Edi Prasetyo. Beliau sengaja membuat kesalahan dalam penulisan agar para gurusianer membaca dan memperbaiki . Ini dilakukan untuk perlombaan mengoreksi tulisan. Dan terbukti selanjutnya para gurusianer lebih memperhatikan tata tulis dalam penulisan artikel. Senangnya lagi mendapat hadiah berupa buku-buku karya Pak Edi ( bahagianya tuh di sini, karena saya juga dapat ).

No comments: