Kembali ke Sekolah


02 Jan @Kolom

Hujan tipis-tipis menemani perjalananku pagi ini menuju ke ladang . Ya... kantor tempat kita bekerja adalah ladang, tempat menyemai benih-benih kebaikan. Benih-benih itu pun harus dirawat, disiangi , disiram agar bisa tumbuh dan berkembang. Ada banyak benih yang bisa ditanam, berragam dan beraneka. Agar bisa tumbuh dengan baik tentu kita harus paham betul dengan karakteristik masing-masing tanaman, sehingga bisa memberi perlakuan yang tepat. Tidak mungkin kita memelihara kaktus dengan cara menyiraminya dengan air berlebih, karena justru akan busuk dan mati. Begitulah perumpamaan kita yang bekerja di lembaga pendidikan.

Aku segera mengurangi kecepatan motorku ketika memasuki gerbang sekolah. Anak-anak sudah mulai berdatangan, ada yang diantar orang tuanya, ada yang bersepeda dan ada juga yang jalan kaki. Wajah-wajah penuh ceria tampak jelas kulihat. Entah karena bertemu teman , dapat uang saku atau mungkin juga karena ketemu gurunya ya...( siapa tahu...). Yang pasti melihat senyum yang terpancar dari wajah kekanak-kanakan mereka membuatku senang. Aku hanya tersenyum kecil melihat kelakuan mereka. Setelah memarkir sepeda motor di tempat biasanya aku pun bergegas berjalan menuju ruang guru.

“ Assalamu’alaikum Bu Guru....,” sapa anak-anak sambil mendekati dan menyalamiku

“ Wa’alaikum salam ...,” jawabku sambil menyalami satu persatu, tak lupa senyum termanis kuberikan ( eeeaaaa...)

“Lama tak jumpa ya Bu...setahun...jadi kangen,”

“O ya....beneran nih kangennya,”

Kami pun tertawa bersama. Ada rasa bahagia yang tak bisa tergantikan ketika menyalami dan bercanda dengan mereka, anak-anak yang menjadi bagian dari ladang tempat aku bekerja. Kepolosan mereka, dan keunikannya menjadi hal yang kurindukan ketika sekian lama tak bertemu ( padahal cuma libur 2 minggu ). Tidak kita sadari kebersamaan dengan mereka membuat babak tersendiri dalam perjalanan karierku. Bersama mereka kujalani waktu sepanjang hari dari jam 07.00 – 16.00. Waktu yang tidak sebentar. Membersamai mereka dengan hati, seakan mereka adalah anak-anakku sendiri. Kuyakin, anak-anakku pun diperlakukan begitu juga oleh guru-guru mereka. Semangat belajar anak-anakku. Liburan telah usai, saatnya songsong hari esok dengan semangat dan harapan . Masa depan cerah menanti kita.

02012019

No comments: