islamic motivation

Nabi saw bersabda, "Inginkah kamu aku beritahu tentang ahli surga?". Para sahabat menjawab, "Ya". Rosulullah saw bersabda, "Mereka semua adalah orang yg lemah dan rendah hati, seandainya mereka bersumpah karena ALLAH niscaya ALLAH akan memperkenankannya". Kemudian Nabi bersabda lagi, "Maukah kamu aku beritahu tentang ahli neraka?". Mereka menjawab, Ya". Nabi bersabda, "Mereka semua adalah orang yg selalu diagung-agungkan dan bermegah-megahan dan sombong"
(Bukhari Muslim)
agaimana tauhid akan masuk ke dalam hatimu apabila masih ada cinta dunia yang menguasainya. Tidakkah engkau dengar sabda Rosulullah saw, "Cinta dunia adalah akar dari segala kesalahan" (Syaikh Abdul Qadir Jailani)
Jangan meminta sesuatu kepada makhluk, sebab mereka adalah makhluk yg lemah dan fakir. Mereka tidak dapat memberikan manfaat dan mendatangkan madarat, baik untuk dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Bersabarlah bersama ALLAH SWT jangan tergesa-gesa, jangan bersikap kikir dan jangan berburuk sangka kepada-NYA. Sesungguhnya DIA lebih menyayangi dirimu daripada dirimu sendiri. Hendaklah engkau menerima ketetapan ALLAH SWT karena DIA lebih mengetahui, tidak semua kemaslahatan harus diperlihatkan-NYA kepada kalian.
ALLAH SWT berfirman, "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu,padahal ia amat buruk bagimu. ALLAH mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui" (al-Baqarah 216).
Dalam ayat lain ALLAH SWT berfirman, "Dan ALLAH menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya" (an-Nahl 8). Pada ayat lain ALLAH SWT berfirman, "Dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit" (al-Isra 85).
(Syaikh Abdul Qadir Jailani)
Nabi saw bersabda, "Sejak ALLAH menciptakan dunia, DIA tidak pernah memandangnya". Hasan ra mengatakan bahwa maksudnya, ALLAH swt tidak pernah memandangnya dengan pandangan rahmat-NYA karena kebencian-NYA. Sungguh dunia itu merupakan hijab (penghalang) yang besar. Dengan ujian dunia akan terbukti manakah orang yang bersih dan manakah orang yang cacat. Orang yang masih terdapat cinta dunia dalam hatinya tidak akan bisa sampai pada kelezatan bermunajat kepada-NYA. Karena cinta dunia itu berlawanan dengan ALLAH dan berlawanan dengan sesuatu yang dicintai ALLAH swt.
(al-Ghunyah; Syaikh Abdul Qadir Jailani, 2010)
AMALANMULAH YG AKAN MENYERTAI SAAT MATI
Rosulullah saw bersabda, "Yang mengikuti mayit itu tiga perkara: keluarganya, hartanya, dan amalnya. Maka yg dua pulang kembali dan yg tetap tinggal adalah satu, yg pulang adalah keluarga dan hartanya dan yg tetap tinggal adalah amalnya
(HR Bukhari Muslim)
Engkau beramal dengan amalan ahli neraka, tetapi engkau mengharapkan surga dari ALLAH SWT. Maka bagaimana bisa engkau mengharapkan surga, sementara amal yang engkau perbuat adalah amalan ahli neraka. (Syaikh Abdul Qadir Jailani)

No comments: